Sabtu, 14 Maret 2015

Ilmu Kami Sebatas Tong, Ampunilah Rabb

Bismillah..

         Tumpukkan ratusan bahkan ribuan buku tiada menghasilkan manfaat jika tiada pernah dibuka, dibaca, dipahamkan, dan diamalkan. Proses meraih ilmu yang bermanfaat ternyata memerlukan waktu yang panjang, pengorbanan yang tidak sedikit, serta peluh yang bercucuran. Itu tidak seberapa jika iming-iming keberkahan yang banyak dari Allah. Saya terinspirasi dari perjuangan beberapa Imam terdahulu, salah duanya adalah Imam Asy-Syafi'i dan Imam Ahmad, semoga Allah merahmati mereka, yang dikisahkan dalam buku Salim A. Fillah, berjudul "Lapis-Lapis Keberkahan".

         Kedua imam tersebut sungguh luar biasa besar semangat juangnya meraih ilmu guna memahamkan hadits Rasulullah shalalahu 'alaihi wasalam. Ilmu keduanya mendalam, namun sikap mereka sangat merendah, saling menghormati sesama pembelajar. Masya Allah. Sungguh jauh sekali dengan sikap kami saat ini. Kami mungkin pembelajar, pembelajar dadakan, pembelajar cabutan, yang sering mengeluh lelah tak berdaya. Kami merasa banyak kelemahan atau ke-dhaif-an mencari ilmu, tetapi tetap saja sesaat setelah memperoleh ilmu seringkali sedikit banyak muncul arogansi dalam hati, astaghfirullah.

        Ada peribahasa yang cocok bagi kedua imam tersebut, yaitu seperti padi, semakin berisi semakin merunduk. Lalu apalah kami yang tong kosong nyaring bunyinya. Ya Allah, lindungilah kami dari kesombongan, bahkan secelup kesombongan yang tidak pantas kami tunjukkan.




@ruang
14 Maret'15_ 18.38
Book inspiration

Tidak ada komentar:

Posting Komentar