Jumat, 16 Agustus 2013

Qur'an Untuk Bangsa

Seorang ustazah, pengisi sebuah halaqah Qur'an, hendak menutup pertemuan hari itu*. Beliau menyampaikan secercah doa sekaligus motivasi bagi murid-muridnya tentang keutamaan penghapal Qur'an. Dalam redaksional berbeda, tapi bermakna sama, beliau berkata,

"Semoga kita dapat menjadi ahlullah, menyelesaikan hapalan kita, me-muroja'ah, serta menjaganya supaya bangsa kita jadi lebih baik. Dengan banyaknya penghapal Qur'an, Allah selalu memberi banyak keberkahan pada bangsa kita, itu janji Allah. Insya Allah, dengan hal itu kita menjadi salah satu penolong bangsa ini."

Deg. Memang telah terpapar banyak keutamaan menghapal Qur'an, tetapi untuk sampai ke bagian "bangsa" sungguh luar biasa istimewa dan mulia cita-cita itu. Apalagi jika kita, terutama saya, bercermin pada keegoisan diri sendiri, khususnya dalam beramal makruf. Astaghfirullah.
Mari bersungguh dalam berjuang, berjuang secara jama'i untuk bangsa ini.

*Dalam pertemuan hari ini, setelah semua murid telah setoran hapalan, seorang ummi bercerita tentang pengalamannya selama 5 tahun di Mesir. Kondisi masyarakat di sana yang selalu melantunkan Qur'an di setiap tempat, dalam berbagai kondisi. Subhanallah.


@ruang
_17agust'13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar