Minggu, 22 Juli 2012

IQRA


Bismillah..

Ramadhan tahun ini insya Allah saya akan maksimalkan untuk “membaca”. Sungguh sayang seribu sayang apabila kita hanya menjalankan rutinitas tahunan dalam mengisi hari-hari penuh cinta Allah di bulan ini tanpa menangkap hikmah dari apa-apa yang “dituliskan” Allah.

Seperti orang-orang lainnya, bacaan wajib—terutama—di bulan Ramadhan adalah Quran. Namun, sungguh banyak hal yang dapat kita baca dari kehidupan sehari-hari kita. Itulah pentingnya membaca Quran dalam mengarungi “pembacaan” kehidupan, yaitu supaya kita tidak tersesat. Apabila kita sekadar “sok tahu” membaca kehidupan tanpa landasan Quran bersiaplah untuk tersesat dan bertanya-tanya. Begitu pula sebaliknya, jika kita rajin membaca Quran tanpa mau berusaha membaca kehidupan, bersiaplah hidup tanpa amal dan penuh kemubaziran. 

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Quran. Semoga kita menjadi individu yang tidak sekadar mampu membaca huruf-huruf atau lafaz Quran, tetapi juga mampu mengaplikasikan apa yang diturunkan Allah sebagai petunjuk manusia dengan cara “membaca” kehidupan. Lalu apakah bunyi ayat pertama yang diturunkan ke bumi? Iqra’. Bacalah!


2 Ramadhan 1433 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar